SALAM HANGAT »TheKiFOT« “Kesuksesan ataupun kegagalan masa depan Anda tergantung dari keputusan Anda saat ini, Di mana ada kemauan dan keberanian untuk memutuskan, di situlah kesuksesan menanti Anda. Tapi yakinlah bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulainya”.

Al-Quran Surat at-Tin 9.1

Untuk materi ini mempunyai 3 Kompetensi Dasar yaitu:

Kompetensi Dasar :

  1. Membaca QS. at-Tin dengan tartil
  2. Menyebutkan arti QS. at-Tin
  3. Menjelaskan makna QS. at-Tin.

Surat At-Tin

Surat At Tiin ( سورة التين ) adalah surah ke-95 dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat Al Buruuj. Nama At Tiin diambil dari kata At Tiin yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya buah Tin.
Pokok isi
Manusia makhluk yang terbaik rohaniah dan jasmaniah, tetapi mereka akan dijadikan orang yang amat rendah jika tidak beriman dan beramal saleh; Allah adalah Hakim Yang Maha Adil.

Isi surah
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم: Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
  1.  وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,
  2.  وَطُورِ سِينِينَ dan demi bukit Sinai,
  3.  وَهَذَا الْبَلَدِ الأمِينِ dan demi kota (Mekah) ini yang aman,
  4.  لَقَدْ خَلَقْنَا الإنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
  5.  ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),
  6.  إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.
  7.  فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?
  8.  أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?

Makna

Dalam surat at-Tin, Allah terlalu amat sangat jelas sekali ketika ingin benar2 mengatakan dan menetapkan bahwa manusia itu adalah makhluk ciptaan-Nya yang sempurna. Bila kita perhatikan ayat pertama, kedua dan ketiga, 3 ayat tersebut diawali dengan sumpah semua.
-Sumpah tentang buah Tin dan Zaitun – Bukit Tursina dan Negeri Makah
Sebagian mufasir mengartikan buah Tin dan Zaitun secara dhohir seperti termaktub dalam alquran. Buah Tin dan Zaitun adalah buah yang banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan ada satu riwayat dari Abu Darda yang menyatakan bahwa Rasulullah pernah bersabda bahwa, kalau seandainya ada buah yang turun dari langit maka itulah dia buah Tin......dan buah Zaitun sebagaimana yang kita ketahui selain dia juga mengandung banyak manfaat kesehatan, buah tersebut adalah buah yang diberkahi oleh Alloh. Bahkan ada juga yang meriwayatkan ketika Adam dan Hawa diturunkan dari langit dan dalam keadaan tanpa busana mereka berdua mengambil dedaunan Zaitun untuk dijadikan penutup aurat.
Yang tersebut diatas adalah yang memaknai buah Tin dan Zaitun sebagai dhohirul ayah. Tapi ada juga yang memaknai Tin dan Zaitun disini sebagai kalimat isti'arah yang menunjukan tempat. Tin yang dimaksud disini ada yang berpendapat tempat dimana pohon buah Tin banyak tumbuh yaitu di Damaskus, sedangkan Zaitun yang dimaksud disini adalah Baitul Muqaddas atau daerah Palestina. Pendapat yang mengatakan hal tersebut dikuatkan dengan ayat2 selanjutnya yang menerangkan tentang tempat-tempat dimana tiga agama samawi diturunkan oleh Alloh sebelum diselewengkan oleh kaumnya sendiri.
  • - Baitul Muqaddas adalah tempat dimana Nabi Isa As diutus oleh Alloh untuk kaum Nashrani
  • - Bukit Tursina adalah tempat dimana Nabi Musa As diutus oleh Alloh untku kaum Yahudi
  • - Sedangkan Makah adalah tempat dimana Sayyidina Muhammad menerima wahyu ilahi untuk kita semua.
Setelah tiga sumpah [qasm] tersebut Alloh memulai ayat keempat dengan jawaban sumpah [jawab al-qasm], itulah bentuk lain dari penekanan bahwa manusia adalah ciptaan-Nya yang paling sempurna.
Sedangkan untuk ayat-selanjutnya adalah keterangan rinci bahwa setelah sedemikian rupa Allah menganugrahkan penciptaannya kepada kita tinggal bagaimana kita menyikapi karunia tersebut. Allah juga menjelaskan tentang adanya kebaikan dan keburukan. Ternyata filosofi baik dan buruk bukan hanya ajaran agama samawi, agama buatan manusia sekalipun juga mengakui disana ada kebaikan dan keburukan; Zoroaster dengan Tuhan Yazdan dan Ahraman, Majusi dengan Tuhan Cahaya dan kegelapan dan lain sebagainya. Setelah kita mengetahui sedemikian rupa hakikat manusia dalam penciptaan yang sempurna maka, sikap tepat bagaimanakah yang seharusnya manusia tersebut pertanggungjawabkan? Sungguh tidak ada dosa paling hina di dunia ini kecuali berkhianat kepada Yang Maha mencipta. Rasul juga mengajari kita ketika hendak berkaca untuk membaca doa yang artinya; Ya Allah sebagaimana engkau menyempurnakan penciptaan jasadiyah kami maka sempurnakan pula lah ruhaniyah kami.


Doa Tidak Dikabulkan Mungkin Ini Sebabnya

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :
Doa Tidak Dikabulkan Mungkin Ini SebabnyaAllah telah menjanjikan bahwa Dia selalu akan mengkabulkan doa seorang mukmin yang berdoa kepada-Nya dan menetapkan beberapa syarat agar doa tersebut dikabulkan. selain syarat-syarat yang harus dipenuhi, Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- juga telah memeringatkan ummatnya akan hal-hal yang dapat menahan doa kita dan menjadikannya tidak diterima dan tidak pula dikabulkan.

Adapun hal-hal yang dapat menahan doa kita dan menjadikannya tidak dikabulkan adalah sebagai berikut :

1. Kurangnya adab dalam berdoa kepada Allah. maksudnya berdoa kepada Allah akan hal-hal yang sebenarnya Allah membencinya, seperti berdoa untuk memutus tali silaturahmi, atau perkara yang dilarang. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

لا يزال يستجاب للعبد ما لم يدع بإثم أو قطيعة رحم

Artinya : "Doa seorang hamba akan selalu dikabulkan selama tidak berdoa untuk suatu yang berdosa atau untuk memutus tali silaturahmi." (HR Muslim)

2. Berdoa dengan berteriak keras-keras, dan dengan kata-kata yang kurang layak diucapkan kepada Allah. menangis ketika berdoa adalah diperbolehkan, akan tetapi berlebihan dalam menangis tidaklah baik. Allah berfirman :

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

Artinya : "Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (QS Al-A'raaf : 55)

3. Masuknya barang-barang yang haram kedalam rumah kita. seperti harta yang berasal dari pekerjaan haram, makanan dan minuman yang haram, atau barang-barang yang dibeli dengan uang haram. rumah, pakaian yang haram. dan juga pekerjaan yang haram.

4. Memakan makanan yang haram, meminum minuman yang haram, memakai pakaian yang haram, memakan harta haram bukan berarti menggunakan harta haram untuk makan saja, akan tetapi menggunakan untuk membeli barang-barang yang digunakan adalah termasuk memakan harta yang haram. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ الطَّيِّبَ وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ قَالَ (يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّى بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ) وَقَالَ (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ) ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ ، وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ ، وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ ، وَقَدْ غُذِّىَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ

Artinya : "Sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik. dan Allah memerintahkan kepada orang-orang beriman sebagaimana yang diperintahkan kepada para rosul. beliau membaca, "Wahai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." dan membaca, "Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu." kemudian beliau menyebutkan seseorang yang bepergian jauh, kucel dan acak-acakan, mengetadahkan kedua tangannya ke langit dan berkata, "Ya Robb, ya Robb." sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan memakan barang yang haram, bagaimana mungkin akan dikabulkan?!" (HR Muslim)

5. Buru-buru agar doanya cepat dikabulkan. ini juga tidak baik, malahan ini termasuk yang menahan doa dan menyebabkan tidak dikabulkan. biasanya orang mengatakan, "saya sudah sering berdoa, tapi tidak dikabulkan juga." kata-kata inilah yang dimaksud buru-buru dalam doa. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

يستجاب لأحدكم ما لم يعجل ، يقول دعوت فلم يستجب لي

Artinya : "Akan dikabulkan doa seseorang jika tidak buru-buru, berkata : saya telah berdoa tapi belum dikabulkan juga." (HR Bukhori dan Muslim)

6. Menggantungkan dalam berdoa, seperti perkataan, "Ya Allah, ampunilah hamba jika Engkau berkehendak." atau "rahmatilah hamba jika Engkau mau." karena doa adalah pengharapan, permintaan yang ingin dikabulkan. jadi harus dengan kata-kata yang menunjukkan keyakinan tersebut. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

لا يقولن أحدكم اللهم اغفر لي إن شئت اللهم ارحمني إن شئت ، ليعزم المسألة فإنه لا مستكره له

Artinya : "Jangan salah seorang diantara kalian mengatakan (dalam doanya) : Ya Allah, ampunilah hamba jika Engkau mau. ya Allah, rahmatilah hamba jika Engkau mau. agar menunjukkan keyakinan dalam doanya karena tidak ada yang memaksanya (untuk berdoa)." (HR Bukhori dan Muslim)

Tidak harus seseorang melakukan semua hal ini dan menyebabkan doanya tidak dikabulkan, akan tetapi cukup melakukan satu saja diantara 6 hal diatas, maka doanya tidak akan dikabulkan.

Sudahkah kita mengoreksi diri akan cara kita berdoa? bagaimana kita berdoa? kata-kata apa yang kita ucapkan? dan yang paling penting, keyakinan apa yang kita yakinin akan doa kita? kita harus luruskan kembali hal-hal yang masih bengkok dalam diri kita agar termasuk orang-orang dicintai Allah dan dikabulkan doanya.


(Artikel-Islami)

Angin Ribut Terjang Surakarta, 1 Orang Tewas & Ratusan Rumah Rusak

Solo - Angin ribut menerjang wilayah Surakarta dan sekitarnya. Akibatnya ratusan pohon tumbang dan puluhan rumah rusak. Jaringan listrik juga mengalami kerusakan. Satu orang dilaporkan tewas karena tertimpa pohon.

Angin ribut terjadi di berbagai lokasi di kawasan Surakarta, pada Rabu (25/1/2012), dari siang hingga sore. Di Kota Solo sendiri, angin ribut menumbangkan pohon tajuk jalan di Jl Slamet Riyadi, yang merupakan jalan utama di kota ini. Pohon ambruk menimpa sebuah becak yang sedang diparkir di dekatnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar melaporkan angin ribut juga terjadi di Kecamatan Ngargoyoso. Angin ini merusak dua rumah warga. Meskipun tidak ada laporan korban jiwa maupun luka, namun kerusakan rumah tersebut dilaporkan cukup parah.

Sedangkan di Kabupaten Sukoharjo, angin ribut juga melanda di beberapa titik. Puluhan pohon di Kecamatan Mojolaban bertumbangan diterjang angin.

Lalu di Kabupaten Boyolali, tiga kecamatan dilanda angin ribut, tepatnya di Kecamatan Teras, Sambi, dan Andong. Ratusan pohon roboh, puluhan rumah rusak ringan hingga berat, 4 rumah diantaranya tertimpa pohon tumbang.

Dari Kabupaten Wonogiri juga dilaporkan terjadi angin ribut yang merusak pekarangan dan hunian warga di 7 kecamatan, yaitu Jatisrono, Puhpelem, Bulukerto, Slogohimo, Ngadirojo, Jatipurno, dan Girimarto. Ratusan pohon tumbang dan puluhan rumah rusak. Ribuan ekor ayam mati karena kandangnya tertimpa pohon.

Sayangnya, angin ribut di Wonogiri ini memakan korban jiwa. Dilaporkan seorang pelajar bernama Dyah Ayu Ria Septiyana (14 tahun) tewas dan seorang pelajar lainnya benama Siska Febriana (15 tahun) mengalami luka serius akibat tertimpa pohon tumbang. Lokasi kejadian ada di Dusun Cengklik, Desa Nadi, Kecamatan Bulukerto.

Kapolsek Bulukerto, AKP Kasimin, memaparkan kedua korban mengalami luka berat di bagian kepala. Mereka sempat dilarikan ke RS Amal Sehat Slogohimo, namun nyawa Dyah tak terselamatkan. Sedangkan Siska kemudian dirujuk ke salah satu rumah sakit di Solo untuk mendapatkan perawatan yang lebih memadai karena luka parah yang dideritanya.

Selain itu, jaringan listrik juga ikut terkena dampak. Setidaknya kerusakan terjadi pada 10 unit pelayanan dan jaringan yang ada di wilayah Surakarta. Sejumlah kabel listrik putus akibat tertimpa pohon, sejumlah travo meledak, bahkan beberapa titik mengalami kerusakan pada sambungan global.

Manager Humas PLN APJ Surakarta, Harmanto, mengaku meskipun telah terbiasa menghadapi gangguan cuaca, namun kerusakan kali ini cukup merepotkan karena terjadi di sejumlah titik secara merata di wilayah yang cukup luas. Namun dia memastikan, saat ini seluruh gangguan telah berhasil diatasi.

(mbr/nvc)

Chanel Tv Online


Bebas tonton  tv  online sepuasnya.!!!!

    Warung Bebas TV Streaming

    Tips Belajar Efektif & Efisien

    Tips Belajar Efektif & Efisien

    Thekifot- Selamat malam kawan., di malam hari ini saya mau mempostingkan ya itu TIPS BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN .. Nah langsung saja yuk menuju ke TKP...
    1. Fokus kepada Tujuan
    2. Ulangi Materi dari Guru
    3. Konsentrasi Penuh
    4. Mengetik Ulang ke Blog
    5. Buat Kesimpulan/Ringkasan
    6. Buku Catatan Matpel
    7. Ajari Temanmu
    8. Atur Waktu Belajar
    • Bertanggung jawab atas dirimu sendiri.
      Tanggung jawab merupakan tolok ukur sederhana di mana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
    • Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.
      Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu. Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting.
    • Kerjakan dulu mana yang penting.
      Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu.
    • Anggap dirimu berada dalam situasi "co-opetition" (bukan situasi "win-win" lagi).
      "Co-opetition" merupakan gabungan dari kata "cooperation" (kerja sama) dan "competition" (persaingan). Jadi, selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukkan/ide baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas. Dengan begini, kamu akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik (do your best) di dalam kelas.
    • Pahami orang lain, maka mereka akan memahamimu.
      Ketika kamu ingin membicarakan suatu masalah akademis dengan guru/dosenmu, misalnya mempertanyakan nilai matematika atau meminta dispensasi tambahan waktu untuk mengumpulkan tugas, tempatkan dirimu sebagai guru/dosen tersebut. Nah, sekarang coba tanyakan pada dirimu, kira-kira argumen apa yang paling pas untuk diberikan ketika berada dalam posisi guru/dosen tersebut.
    • Cari solusi yang lebih baik.
      Bila kamu tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya. Misalnya, diskusikan bahan tersebut dengan guru/dosen pengajar, teman, kelompok belajar atau dengan pembimbing akademismu. Mereka akan membantumu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
    • Tantang dirimu sendiri secara berkesinambungan.
      Dengan cara ini, belajar akan terasa mengasyikkan, dan mungkin kamu mendapatkan ide-ide yang cemerlang.



    Manfaat Internet Bagi Pendidikan




    TheKiFOT- Internet berawal dari institusi pendidikan dan penelitian di Amerika Serikat. Penggunaan Internet untuk kepentingan bisnis baru dilakukan semenjak tahun 1995, belum genap enam (6) tahun yang lalu. Di luar negeri, Internet ini sering diasosiasikan dengan perguruan tinggi, sementara di Indonesia, Internet lebih diasosiasikan dengan bisnis (ISP, e-commerce) dan entertainment.
    Makalah ini berusahan untuk menjabarkan manfaat atau fungsi Internet bagi pendidikan, khususnya di pendidikan Indonesia.

    Manfaat Internet Bagi Pendidikan

    Akses ke sumber informasi. Sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang sayangnya tidak murah. Buku-buku dan journal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah. Sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di dunia (termasuk di dunia Barat) yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya Internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi.
    Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Bidang apa pun yang anda minati, pasti ada informasi di Internet. Contoh-contoh sumber informasi yang tersedia secara online antara lain:
    ·         Library
    ·         Online Journal
    ·         Online courses. MIT mulai membuka semua materi kuliahnya di Internet.
    Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (perpustakaan) lebih berat dibanding dengan tempat lain. Adanya Internet merupakan salah satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah ini.
    Akses ke pakar. Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Seorang siswa di Makassar dapat berkonsultasi dengan dosen di Bandung atau bahkan di Palo Alto, Amerika Serikat.
    Media kerjasama. Kolaborasi atau kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan lebih mudah, efisien, dan lebih murah.

    Permasalahan Internet Untuk Pendidikan

    Penjabaran di atas tentunya membawa kita pada pertanyaan mengapa kita belum banyak menggunakan Internet untuk keperluan pendidikan di Indonesia. Ada beberapa alasan, dimana sebagian akan diungkapkan pada bagian-bagian di bawah ini.
    Kurangnya penguasaan bahasa Inggris. Suka atau tidak suka, sebagian besar informasi di Internet tersedia dalam bahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris menjadi salah satu keunggulan (advantage).
    Kurangnya sumber informasi dalam bahasa Indonesia. Kita sadari bahwa tidak semua orang Indonesia akan belajar bahasa Inggris. Untuk itu sumber informasi dalam bahasa Indonesia harus tersedia. Saat ini belum banyak sumber informasi pendidikan yang tersedia dalam bahasa Indonesia. Konsep berbagi (sharring), misalnya dengan membuat materi-materi pendidikan di Internet, belum merasuk. Inisiatif langka seperti ini sudah ada namun masih kurang banyak. Contohnya:
    ·         Untukmu Indonesia
    http://untukmu.Indonesiaforum.org
    Akses Internet masih mahal. Meskipun sudah tersedia, akses ke Internet masih mahal. Namun hal ini diharapkan akan menjadi lebih murah di masa yang akan datang. Diharapkan akselerasi penurunan harga menjadi fokus utama dari Pemerintah. Mekanisme lain adalah adanya subsidi dari pemerintah untuk institusi pendidikan.
    Akses Internet masih susah diperoleh. Beberapa daerah di Indonesia masih belum memiliki jalur telepon yang dapat digunakan untuk mengakses Internet.
    Guru belum siap. Guru di Indonesia masih belum siap untuk menggunakan Internet sebagai bagian dari pengajarannya. Padahal guru merupakan salah satu pengguna yang dapat memanfaatkan Internet sebaik-baiknya. Salah satu contohnya adalah mencari soal-soal latihan untuk kelasnya. Jika setiap guru di Indonesia membuat dua (2) soal dan menyimpannya di Internet, maka akan ada ribuan bahkan bisa jutaan soal yang dapat digunakan untuk latihan di kelas.
    Internet merupakan salah satu produk teknologi yang dapat membantu kita meningkatkan taraf hidup melalui pendidikan. Meskipun masih banyak tantangan, kita masih dapat memanfaatkan Internet sebesar mungkin.
    Dampak Positif Internet
    Internet telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative.

    Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
    Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
    Dampak Negatif Internet
    1. Cybercrime Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat.
    • Melintasi batas Negara
    • Perbuatan dilakukan secara illegal
    • Kerugian sangat besar
    • Sulit pembuktian secara hukum

    Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :
    Hacking – Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.

    Cracking – Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
    2. Parnografi
    Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan parnografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.

    3. Violence And Gore
    Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

    4. Penipuan
    Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.

    5. Carding
    Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

    6. Perjudian
    Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

    7. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut parnografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
    Manfaat Internet Bagi Remaja
    1. Manfaat Umum
    Berdasarkan suvey di Amerika Serikat membuktikan jika berselancar di dunia maya, bermain game online, dan bermain situs jejaring sosial justru baik bagi perkembangan remaja. Digital Youth Project yang disponsori MacArthur Foundation selama tiga tahun berhasil membuktikan internet baik bagi perkembangan remaja. Proyek yang dilakukan selama tiga tahun itu melibatkan 800 remaja dan orang tua untuk mengetahui peningkatan kemampuan teknologi remaja. Hal ini juga mematahkan anggapan para orangtua yang menyatakan bermain internet
    hanya membuang waktu saja.

    2. Manfaat Internet Dalam Pendidikan
    Internet merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari secara nyata. melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi jarak jauh dan juga mencari informasi yang sangat kita butuhkan. Dalam dunia pendidikan internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan serta sharing riset antarsiswa terutama dengan mereka yang berjauhan tempat tinggalnya.

    3. Dampak Negatif
    Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang berteknologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui telepon selular dimanapun kita berada, atau jika tidak, di setiap sudut kota pasti terdapat sebuah warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan “warnet”, dengan adanya internet, akses atau jalan terhadap penyampaian informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata, banyak ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, para remaja tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila.

    Para pelajar yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh. Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat “asusila” lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah, namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir pelajar yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap pelajar untuk mencari atau mendapatkan informasi.
    Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap pelajar untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling dominan yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana di memulai.
    Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negatif justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya
    diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.




    MENGUJI DAYA HANTAR SUATU LARUTAN AIR


    Ø TUJUAN :
                                     1.)Menguji sifat hantaran arus listrik berbagai  larutan air
                                     2.)Menggolongkan  senyawa  elektrolit dan non elektrolit
    Ø DASAR TEORI :
                                          Larutan adalah suatu campuran homogen antara dua zat atau
                                     lebih. Dimana partikel-partikel dari komponen-komponen
                                     penyusunya secara merata. Komponen-komponen larutan terdiri
                                     dari.
    1.      Larutan non elektrolit
                               Larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat
                               menghantarkan arus listrik.
                               Contoh : larutan gula, larutan glokusa, larutan urea, larutan
                               akohol.

    2.      Larutan elektrolit
                               Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus
                               listrik dengan baik. Dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :

    o   Larutan elektrolit kuat adalah elektrolit yang menghasilkan larutan daya hantar listrik yang baik.
    Contoh : larutan garam dapur, larutan asam sulfat, larutan natrium hidroksida.

    o   Larutan elektrolit lemah adalah  elektrolit yang menghasilkan larutan daya hantar listrik yang buruk.
    Contoh: larutan asam cuka dan larutan ammonia




    Ø ALAT DAN BAHAN

    Alat dan Bahan
    Ukuran
    Jumlah
    Gelas kimia
    100 mL
    10
    Alat penguji elektrolit
    -
    1 set
    Baterai
    9 volt
    1
    Air suling
    -
    50 mL
    Larutan gula
    -
    50 mL
    Larutan asam klorida
    1 M
    50 mL
    Akohol
    -
    50 mL
    Lautan asam cuka
    1 M
    50 mL
    Larutan ammonia
    1M
    50 mL
    Larutan natrium hidroksida
    1M
    50 mL
    Larutan asam sulfat
    -
    50 mL
    Larutan urea
    1M
    50 mL
    Larutan garam dapur
    1M
    50 mL

    Ø CARA KERJA :

    1.)   Rangkailah alat penguji elektrolit.
    2.)   Masukan 50 mL air larutan ke dalam gelas kimia.
    3.)   Ujilah larutan dalam elektroda. Amati dan apakah lampu menyala apa timbul gelembung gas pada elektroda.
    4.)   Bersihkan elektroda dengan air dan keringkan.
    5.)   Kemudian ujilah larutan yang lain dengan cara yang sama.

     
    Ø HASIL PENGAMATAN :


    Bahan yang diuji
    Lampu
    menyala/tidak menyala
    Elektroda
    Air suling suling
    padam
    Sedikit gelembung
    Larutan gula
    padam
    Tidak ada gelembung
    Larutan asam klorida
    terang
    Banyak gelembung
    Larutan asam cuka
    redup
    Banyak gelembung
    Larutan akohol 70%
    padam
    Tidak ada gelembung
    Larutan ammonia
    padam
    Sedikit gelembung
    Larutan natrium hidroksida
    terang
    Banyak gelembung
    Larutan urea
    padam
    Tidak ada gelembung
    Larutan garam dapur
    terang
    Banyak gelembung
    Larutan asam sulfat
    terang
    Banyak gelembung

    Ø  ANALISA PERCOBAAN :

    1.)   H2O=Termasuk larutan non elektrolit.
    .H2O           2H++O2­­-
    2.)   H12H22O11= Termasuk larutan non elektrolit.
    3.)   HCl=Termasuk larutan elektrolit kuat. 
    HCl                 H­­­++Cl- 
    4.)   CH3COOH=Termasuk larutan elektrolit lemah
    CH3COOH     H++CH3COO-
    5.)   C2H5OH=Termasuk larutan non elektrolit.
    6.)   NH3=Termasuk larutan non elektrolit.
    NH3                 3H++N3-
    7.)   NaOH=Termasuk elektrolit kuat.
    NaOH             N++OH-
    8.)   CO(NH2)2)= Termasuk larutan non elektrolit.
    9.)   NaCl= Termasuk elektrolit lemah.
    10.)                                        H2SO4= Termasuk elektrolit kuat.
    H2SO4                      2H­­++SO2-
    Ø  KESIMPULAN :
    Elektrolit kuat= natrium klorida(NaCl), asam nitrat(HNO3), asam sulfat(H2SO4), natrium hidroksida(NaOH).
    Elekrtolit lemah= asam cuka(CH3COOH), ammonia(NH­­3), asam karbonat(H2CO3)
    Non elektrolit= urea(CO(NH2)2), etanol(C2H5OH), glokusa(C6H12O6)
    Ø  DAFTAR PUSAKA :

    Purba, Michael.2004.Kimia Untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga
    Rahman, M.Rifa dan Joko Pitoyo. 2004. Kimia Untuk SMA Kelas X. Bandung: Inti Prima Aksara

    Ø  LAMPIRAN :



    ( aji )




    SEMOGA BERMANFAAT, SALAM THEKIFOT
    TERIMAKASIH SOBAT SUDAH MAU MAMPIR KE BLOG TheKiFOT, Silahkan Jika Ada Artikel Yang Bagus di Blog Ini Saya Izinkan Untuk "Mengcopy,Paste" Dengan Syarat Sertakan Seumbernya Yang Lengkap., Hormat Saya »TheKiFOT« Pemilik Tunggal Blog Ini.Terimakasih.
    oncopy="return false;"