SALAM HANGAT »TheKiFOT« “Kesuksesan ataupun kegagalan masa depan Anda tergantung dari keputusan Anda saat ini, Di mana ada kemauan dan keberanian untuk memutuskan, di situlah kesuksesan menanti Anda. Tapi yakinlah bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulainya”.

perkembangan pengolah kata



Pengolah kata
bagai sistem persiapan dokumen) adalah sebuah komputer aplikasi yang digunakan untuk produksi (termasuk komposisi, mengedit, memformat, dan mungkin pencetakan) dari segala macam bahan cetak.
prosesor Word juga dapat merujuk pada jenis mesin-mesin kantor sendiri-berdiri, populer di tahun 1970-an dan 1980-an, menggabungkan keyboard-entry dan pencetakan fungsi teks dari sebuah mesin tik listrik dengan prosesor khusus (seperti prosesor komputer) untuk mengedit teks . Meskipun fitur dan desain yang bervariasi antara produsen dan model, dengan fitur baru ditambahkan sebagai teknologi canggih, pengolah kata untuk beberapa tahun biasanya menampilkan layar monokrom dan kemampuan untuk menyimpan dokumen pada kartu memori atau disket . Kemudian model memperkenalkan inovasi seperti spell-checking program, peningkatan pilihan format, dan-pencetakan dot matrix. Sebagai serbaguna kombinasi lebih dari sebuah komputer pribadi dan terpisah printer menjadi biasa, sebagian besar bisnis-mesin perusahaan berhenti manufaktur pengolah kata sebagai mesin kantor sendirian berdiri. Pada tahun 2009 hanya ada dua perusahaan AS, Classic dan AlphaSmart , yang masih membuat sendiri kata prosesor-berdiri. Banyak komputer lama, bagaimanapun, tetap digunakan.
Word processor adalah keturunan dari teks awal format alat (kadang-kadang disebut teks alat pembenaran, dari satunya kemampuan mereka). Word processor adalah salah satu aplikasi awal untuk komputer pribadi dalam produktivitas kantor.
Meskipun pengolah kata digunakan tag awal berbasis markup untuk dokumen pemformatan, pengolah kata paling modern mengambil keuntungan dari antarmuka pengguna grafis menyediakan beberapa bentuk mengedit. Sebagian besar sistem yang kuat terdiri dari satu atau lebih program yang dapat menghasilkan kombinasi sewenang-wenang dari gambar , grafis dan teks, yang terakhir ditangani dengan tipe-setting kemampuan.
Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang paling banyak digunakan. Microsoft memperkirakan bahwa lebih dari 500.000.000 orang menggunakan Microsoft Office suite, [2] yang mencakup Word. pengolah kata lain Banyak aplikasi yang ada, termasuk WordPerfect (yang mendominasi pasar dari pertengahan 1980-an hingga awal tahun 1990-an pada komputer yang menjalankan Microsoft MS-DOS sistem operasi ) dan open source aplikasi OpenOffice.org Writer , AbiWord , KWord , dan LyX . prosesor kata berbasis-Web, seperti Google Docs , adalah kategori yang relatif baru.
Pengolahan kata biasanya menyiratkan adanya fungsi manipulasi teks yang melampaui kemampuan dasar untuk memasukkan dan mengubah teks, seperti generasi otomatis:
  • batch surat menggunakan surat bentuk template dan database alamat (juga disebut mail merger);
  • indeks kata kunci dan nomor halaman mereka;
  • daftar isi dengan judul bagian dan nomor halaman mereka;
  • tabel angka dengan judul judul dan nomor halaman mereka;
  • referensi silang dengan nomor bagian atau halaman;
  • penomoran catatan kaki;
  • baru versi dokumen dengan menggunakan variabel (misalnya nomor model, nama produk, dll)
pengolah kata Fungsi lain meliputi pemeriksaan ejaan (sebenarnya pemeriksaan terhadap daftar kata), “tata bahasa memeriksa” (pemeriksaan untuk apa yang tampaknya kesalahan tata bahasa sederhana), dan “tesaurus” fungsi (menemukan kata-kata dengan atau berlawanan makna serupa). fitur umum lainnya termasuk penyuntingan kolaboratif, komentar dan penjelasan, dukungan untuk foto dan diagram dan internal referensi silang.
Word processor dapat dibedakan dari beberapa lain, bentuk-bentuk terkait dari perangkat lunak:
Teks editor adalah prekursor dari pengolah kata. Sedangkan menawarkan fasilitas untuk menyusun dan mengedit teks, mereka tidak dokumen format. Hal ini dapat dilakukan dengan sistem pemrosesan dokumen batch, dimulai dengan TJ-2 dan LIMPASAN dan masih tersedia dalam sistem seperti LaTeX (serta program yang menerapkan-paged media ekstensi untuk HTML dan CSS ). editor teks sekarang digunakan terutama oleh programmer , desainer website, administrator sistem komputer, dan, dalam kasus LaTeX oleh matematikawan dan ilmuwan (untuk formula kompleks dan kutipan dalam bahasa jarang). Mereka juga berguna ketika kali startup cepat, ukuran file kecil, mengedit kecepatan dan kesederhanaan operasi yang lebih disukai daripada format.
Kemudian desktop publishing program yang secara khusus dirancang untuk memungkinkan layout rumit untuk publikasi, tetapi sering ditawarkan hanya dukungan terbatas untuk mengedit. Biasanya, program desktop publishing memungkinkan pengguna untuk mengimpor teks yang ditulis menggunakan editor teks atau pengolah kata.
Hampir semua pengolah kata memungkinkan pengguna untuk menggunakan gaya, yang digunakan untuk mengotomatisasi format yang konsisten dari tubuh teks, judul, sub judul, teks yang disorot, dan sebagainya.
Gaya sangat menyederhanakan mengelola format dokumen besar, karena mengubah gaya secara otomatis mengubah semua teks yang gaya telah diterapkan. Bahkan dalam dokumen pendek gaya dapat menghemat banyak waktu saat memformat. Namun, file bantuan yang paling lihat gaya sebagai ‘fitur canggih’ dari pengolah kata, yang sering menghambat pengguna menggunakan gaya teratur.
Statistik Dokumen
Kebanyakan pengolah kata saat ini dapat menghitung berbagai statistik yang berkaitan dengan dokumen. Ini biasanya meliputi:
Kesalahan yang umum, misalnya, dash dikelilingi oleh spasi – seperti salah satu dari – mungkin dihitung sebagai sebuah kata.
Penggunaan tipikal
Word processor memiliki berbagai kegunaan dan aplikasi dalam dunia bisnis, rumah, dan pendidikan.
Bisnis
Dalam dunia bisnis, pengolah kata adalah alat yang sangat berguna. menggunakan Khas meliputi:
Bisnis cenderung memiliki format mereka sendiri dan gaya untuk semua ini. Dengan demikian, pengolah kata serbaguna dengan mengedit layout dan kemampuan yang sama menemukan digunakan secara luas di kebanyakan perusahaan.


Pendidikan
Banyak sekolah mulai mengajar mengetik dan pengolah kata untuk siswa mereka, mulai dari awal sekolah dasar. Biasanya keterampilan ini dikembangkan di seluruh sekolah menengah di persiapan bagi dunia usaha. Undergraduate siswa biasanya menghabiskan berjam-jam menulis esai. Lulus dan mahasiswa doktoral melanjutkan tren ini, serta karya-karya menciptakan untuk penelitian dan publikasi.
Home
Sementara banyak rumah pengolah kata pada komputer mereka, word processing di rumah cenderung pendidikan, perencanaan atau bisnis terkait, yang berhubungan dengan tugas atau pekerjaan yang diselesaikan di rumah, atau kadang-kadang rekreasi, misalnya menulis cerita pendek. Beberapa pengolah kata digunakan untuk menulis surat, pembuatan resume, dan penciptaan kartu. Namun, banyak dari proses ini rumah penerbitan telah diambil alih oleh program-program desktop publishing secara khusus berorientasi pada penggunaan di rumah. yang lebih cocok pada jenis-jenis dokumen.
Sejarah
Toshiba JW-10, prosesor kata pertama untuk bahasa Jepang (1971-1978 IEEE tonggak )
Contoh tipografi pengolah kata mandiri c. 1980-1981
Brother WP-1400D mesin tik editing elektronik (1994)
Istilah Kata Pengolahan diciptakan oleh IBM pada akhir 1960-an. Pada tahun 1971 diakui oleh New York Times sebagai ” kata buzz “. Sebuah 1974 Times disebut “dunia baru berani Word Processing atau W / P. Itu International Business Machines bicara … IBM memperkenalkan W / P sekitar lima tahun yang lalu untuk yang Magnetic Tape Selectric mesin ketik dan lainnya mempesona elektronik-kekalapan “.
IBM didefinisikan istilah dalam dan samar-samar secara luas sebagai “kombinasi dari orang, prosedur, dan peralatan yang mengubah ide menjadi komunikasi dicetak,” dan awalnya digunakan untuk menyertakan mesin mendikte dan biasa, yang dioperasikan secara manual Selectric mesin ketik. Dengan awal tahun tujuh puluhan, bagaimanapun, istilah itu secara umum dipahami sebagai mesin tik semiautomated affording setidaknya beberapa bentuk elektronik editing dan koreksi, dan kemampuan untuk menghasilkan sempurna “asli.” Dengan demikian, Times judul sebuah produk Xerox 1974 sebagai “mesin ketik elektronik cepat”, tetapi melanjutkan untuk menjelaskan produk, yang tidak layar, sebagai “pengolah kata daripada ketat mesin tik, dalam menyimpan salinan di pita magnetik atau kartu magnetik untuk mengetik ulang, koreksi, dan cetakan berikutnya “.
Elektromekanis kertas-tape berbasis peralatan seperti Flexowriter Friden telah lama tersedia; yang Flexowriter diperbolehkan untuk operasi seperti mengetik berulang-ulang surat formulir (dengan jeda bagi operator mengetik secara manual informasi variabel) , dan ketika dilengkapi dengan pembaca tambahan, dapat melakukan versi awal dari ” mail merge “. Sekitar tahun 1970 itu mulai layak untuk menerapkan komputer elektronik untuk otomatisasi tugas kantor. IBM Tape Mag Selectric mesin ketik (MTST) dan kemudian Mag Kartu Selectric (MCST) adalah perangkat awal semacam ini, yang memungkinkan editing, revisi sederhana, dan mengetik berulang-ulang, dengan menampilkan satu baris tunggal baris mengedit.
The New York Times, melaporkan pada 1971 menunjukkan peralatan bisnis perdagangan, kata
The “kata buzz” untuk pertunjukan tahun ini adalah “pengolah kata,” atau penggunaan peralatan elektronik, seperti mesin ketik, prosedur dan personil terlatih untuk memaksimalkan efisiensi kantor. Pada pameran IBM seorang gadis [sic] diketik pada mesin tik elektronik. Salinan itu diterima pada suatu kaset pita magnetik yang menerima koreksi, penghapusan, dan penambahan dan kemudian menghasilkan surat sempurna untuk tanda tangan bos ….
Pada tahun 1971, sepertiga dari semua perempuan yang bekerja di Amerika Serikat adalah sekretaris, dan mereka bisa melihat bahwa pengolah kata akan berdampak pada karier mereka. Beberapa produsen, menurut sebuah artikel Times, mendesak bahwa “konsep ‘pengolah kata’ bisa menjadi jawaban untuk Women’s Lib pendukung ‘doa. Pengolahan Word akan menggantikan’ tradisional ‘sekretaris dan memberi wanita peran administratif baru dalam bisnis dan industri. ”
1970-an konsep pengolah kata tidak mengacu hanya untuk peralatan, namun, secara eksplisit, dengan penggunaan peralatan untuk “melanggar bawah kerja kesekretariatan menjadi komponen yang berbeda, dengan beberapa anggota staf yang menangani mengetik eksklusif sementara yang lain penyediaan dukungan administratif. Sebuah operasi khas akan meninggalkan sebagian tanpa pribadi. sekretaris eksekutif Sebaliknya satu sekretaris akan melakukan tugas-tugas administratif untuk tiga atau lebih sekretaris “.  Sebuah artikel 1971 mengatakan bahwa “Beberapa [sekretaris] lihat W / P sebagai tangga karir ke manajemen; orang lain melihatnya sebagai mati -end ke ghetto otomatis; lain memperkirakan yang akan membawa langsung ke garis piket “. Sekretaris Asosiasi Nasional, yang didefinisikan sekretaris sebagai orang yang “dapat memikul tanggung jawab tanpa pengawasan langsung,” takut bahwa W / P akan mengubah sekretaris menjadi “kolam mengetik ruang-usia.” Artikel itu dianggap hanya perubahan organisasi yang dihasilkan dari sekretaris operasi pengolah kata daripada mesin ketik, kemungkinan bahwa pengolah kata mungkin mengakibatkan manajer membuat dokumen tanpa campur tangan sekretaris itu tidak dianggap-tidak mengherankan di era ketika beberapa tapi sekretaris memiliki keterampilan keyboard.
Pada awal 1970-an, ilmuwan komputer Harold Koplow disewa oleh Wang Laboratories untuk program kalkulator. Salah satu program-nya diijinkan kalkulator Wang untuk antarmuka dengan Selectric IBM mesin tik, yang pada waktu yang digunakan untuk menghitung dan mencetak dokumen untuk penjualan mobil.
Pada tahun 1974, program antarmuka Koplow adalah dikembangkan menjadi Wang 1200 Word Processor, sebuah perangkat penyimpanan teks-Selectric berbasis IBM. Operator mesin ini mengetik teks pada IBM Selectric konvensional, ketika tombol ditekan Return, garis teks disimpan pada pita kaset. Satu kaset diadakan sekitar 20 halaman teks, dan bisa “diputar ulang” (yaitu, teks diambil) dengan mencetak isi pada kertas terus-bentuk dalam mode mesin tik 1200’s “cetak”. Teks disimpan juga bisa diedit, dengan menggunakan tombol pada array, sederhana enam-key. fungsi pengeditan dasar termasuk Sisipkan, Hapus, Skip (karakter, baris), dan seterusnya.
Penghematan tenaga kerja dan biaya perangkat ini adalah langsung, dan luar biasa: halaman teks tidak lagi harus mengetik ulang untuk mengoreksi kesalahan yang sederhana, dan proyek bisa dikerjakan, disimpan, dan kemudian diambil untuk digunakan di kemudian hari. Wang dasar 1200 mesin itu adalah pendahulu dari Kantor Wang Sistem Informasi (OIS), yang diperkenalkan pada tahun 1976, yang CRT berbasis sistem merupakan terobosan besar dalam teknologi pengolah kata. Ini ditampilkan teks pada layar CRT, dan dimasukkan karakteristik fundamental hampir setiap pengolah kata seperti yang kita kenal mereka hari ini. Ini adalah mesin kantor yang benar, terjangkau oleh organisasi seperti firma hukum menengah, dan mudah dipelajari dan dioperasikan oleh staf sekretariat.
Wang tidak mesin pertama berbasis CRT juga tidak semua inovasi yang unik untuk Wang. Pada awal 1970-an Linolex , Lexitron dan Vydec memperkenalkan sistem pengolahan kata perintis dengan CRT tampilan editing. Sebuah perusahaan elektronik Kanada, Sistem Elektronik Otomatis , telah memperkenalkan produk dengan kemiripan’s produk Wang pada tahun 1973, tetapi pergi ke kebangkrutan setahun kemudian. Pada tahun 1976, dibiayai oleh Development Corporation Kanada , itu kembali ke operasi sebagai AES Data , dan melanjutkan untuk berhasil memasarkan merek pengolah kata seluruh dunia sampai pada saat wafatnya pada pertengahan 1980-an. Kantor pertamanya produk, AES-90  , gabungan untuk pertama kalinya CRT layar, disk-disket dan mikroprosesor, [ rujukan? ] yaitu, kombinasi yang sama menang sangat yang akan digunakan oleh IBM untuk PC-nya tujuh tahun kemudian. The AES-90 perangkat lunak mampu menangani dan Inggris mengetik Perancis dari awal, menampilkan dan mencetak teks side-by-side, persyaratan pemerintah Kanada. Delapan pertama unit dikirim ke kantor Perdana Menteri, Pierre Elliot Trudeau , pada bulan Februari 1974. Meskipun pendahulu,’s produk Wang menonjol, dan pada 1978 mereka telah menjual lebih dari sistem ini dari yang lainnya vendor.
Ungkapan “word processor” cepat datang untuk mengacu pada mesin berbasis CRT mirip dengan Wang. Banyak mesin semacam ini muncul, biasanya dipasarkan oleh perusahaan kantor-peralatan tradisional seperti IBM, Lanier (Data AES pemasaran mesin, kembali badged), CPT, dan NBI. Semua yang khusus, berdedikasi, sistem berpemilik, dengan harga di ballpark $ 10.000. Murah komputer tujuan umum masih domain dari penggemar.
Beberapa mesin CRT berbasis kaset awal digunakan untuk-memori penyimpanan yang dapat dilepas sampai disket floppy menjadi tersedia untuk tujuan ini – pertama-inch floppy 8, maka 5-1/4-inch (drive oleh Shugart Associates dan disket oleh Dysan ).
Mencetak dokumen awalnya dicapai dengan menggunakan mesin ketik IBM Selectric dimodifikasi untuk ASCII karakter input-. Ini yang kemudian digantikan oleh aplikasi-spesifik printer daisy wheel ( Diablo , yang menjadi perusahaan Xerox, dan Qume – kini mati. keduanya) “draft pencetakan, dot”-matrix printer baris cepat Untuk itu alternatif pilihan dengan beberapa pengolah kata.
Dengan munculnya komputer pribadi, dan khususnya IBM PC dan PC compatibles , berdasarkan kata prosesor-software yang berjalan pada perangkat keras komoditas tujuan-umum secara bertahap pengungsi berdedikasi pengolah kata, dan istilah datang untuk merujuk ke perangkat lunak daripada perangkat keras. Beberapa program yang model setelah WP hardware khusus tertentu. MultiMate , misalnya, ditulis untuk sebuah perusahaan asuransi yang memiliki ratusan juru ketik menggunakan sistem Wang, dan menyebar dari sana kepada pelanggan Wang lain. Untuk beradaptasi dengan generik, keyboard PC lebih kecil, tongkat-MultiMate digunakan pada label dan besar plastik klip-pada template untuk mengingatkan pengguna puluhan atas-seperti fungsi Wang, menggunakan shift, alt dan ctrl tombol dengan fungsi IBM 10 kunci dan banyak tombol alfabet.
perangkat lunak pengolah kata lainnya awal yang diperlukan pengguna untuk menghafal kombinasi tombol semi-mnemonic daripada menekan tombol berlabel “copy” atau “berani.” (Pada kenyataannya, banyak PC awal kekurangan tombol kursor; WordStar terkenal menggunakan ESDX-berpusat “berlian” untuk navigasi kursor, dan editor vi seperti modern mendorong penggunaan hjkl navigasi. untuk) Namun, perbedaan harga antara pengolah kata khusus dan umum -tujuan PC, dan nilai tambah yang kedua oleh software seperti VisiCalc , sangat menarik bahwa komputer pribadi dan perangkat lunak pengolah kata segera menjadi pesaing serius bagi mesin-mesin khusus. Word Perfect , XyWrite , Microsoft Word , WordStar , PFS: Tulis dan puluhan merek perangkat lunak pengolah kata lain berkompetisi di tahun 1980-an. Pengembangan monitor resolusi tinggi memungkinkan mereka untuk menyediakan terbatas WYSIWYG – Apa yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda Dapatkan, sejauh fitur ketik seperti huruf tebal dan miring, indentasi, pembenaran dan margin didekati pada layar.
The-untuk-an 1980-an pertengahan melihat penyebaran printer laser, sebuah “tipografi” pendekatan untuk pengolah kata, dan WYSIWYG benar bitmap dengan menampilkan beberapa font (dipelopori oleh Xerox Alto komputer dan Bravo program pengolah kata), PostScript , dan grafis user interface (lain Xerox PARC inovasi, dengan Gypsy pengolah kata yang dikomersialkan pada Xerox Star rentang produk). Kata Standalone prosesor diadaptasi oleh semakin kecil dan mengganti CRT dengan layar LCD kecil berorientasi karakter. Beberapa model juga memiliki fitur seperti komputer seperti floppy disk drive dan kemampuan untuk output ke printer eksternal. Mereka juga mendapat perubahan nama, sekarang disebut “mesin ketik elektronik” dan biasanya menempati ujung bawah pasar, dijual dengan harga di bawah $ 200 USD.
MacWrite , Microsoft Word dan pengolahan program kata lain untuk dipetakan Apple Macintosh layar-bit, yang diperkenalkan pada tahun 1984, mungkin yang benar kata WYSIWYG prosesor pertama yang menjadi dikenal banyak orang sampai diperkenalkannya Microsoft Windows. pengolah kata Dedicated akhirnya menjadi buah museum.

Wordstar sebagai cikal bakal word processor masa kini

Hari Permulaan dan MicroPro
1976-1977
Rubenstein meninggalkan IMSAI dengan $8.500 dalam bentuk tunai untuk membuat perusahaannya sendiri. Perusahaan tersebut diberi nama MicroPro International Inc. Rubenstein memperoleh data dari DataPro bahwa pada zaman tersebut perkembangan sedang mengarah Komputer untuk word processor beserta softwarenya. Atas data tersebut Rubenstein memutuskan bahwa MicroPro akan bekerja dibidang word processor untuk CP/M (Control Program/Monitor Atau Control Program for MicroComputer). Yang tidak mengikat pada spesifikasi dari suatu hardware computer.
Rubenstein mengajak Barnaby untuk bergabung di MicroPro untuk menulis serta mensortir program. Dalam beberapa bulan Barnaby telah menyelesaikan menulis 2 program dalam assembler. Yaitu WordMaster (1976) dan SuperSort (1977). Kedua program tersebut bekerja di system operasi CP/M. WordMaster pada dasarnya mirip dengan NED (New Editor) yaitu untuk editing simple teks tapi tanpa kemampuan untuk format print.
WordMaster dengan format program dsebut Tex. Saat WordStar pertama kali diperkenalkan di West Coast Computer Faire di Broks Hall, San Fransisco. SuperSort hanya dijual terbatas karena pengguna CP/M belum siap untuk data processor
Pendiri MicroPro
1978
Suatu waktu Barnaby mendapati anggota baru bernama Jim Fox yang membantu melengkapi kode pertama dan menulis installer WordStar versi 1 untuk CP/M yang dirilis September 1978 Barnaby dan Fox melanjutkan kerja mereka dan mencapai puncaknya pada saat merilis WordStar versi 2.
Suatu saat MicroPro menjual WordStar lengkap melalui Millard Computerland . Hasil penjualan WordStar tersebut mencapai angka 0.5 juta $ per bulan
1979-1980
Barnaby telah bekerja lama dan membuat dia stress. Dia berhenti bekerja di bagian progaming dan beralih menjadi penasihat. Langkah pertama sebagai penasihat adalah dia mengambil liburan panjang di bulan Oktober 1979. 4 bulan kemudian Rubenstein menanyakan Barnaby untuk kembali bekerja tetapi Barnaby masih lebih menyukai liburan. Dari saat itu tiap bulan Rubenstein bertanya hal yang sama pada Barnaby dan mendapat jawaban yang sama pula. Sehingga Maret 1980 MicroPro memecat Barnaby
1981
Tahun 1981 Adam Osborne memperkenalkan Osborne komputer. Komputer ini portable dan dihargai $1.500. Harga tersebut sudah termasuk program WordStar dan SuperCalc. Komputer ini sangat sukses dipasaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penjualan yang mencapai lebih 10.000 unit terjual tiap bulannya. Ini juga merupakan kemajuan yang besar bagi WordStar dan membantu WordStar terkenal dipasaran
Paket Penjualan WordStar
1982
Suatu malam Jim Fox menambahkan WordStar versi CP/M-86 untuk bekerja pada MS-DOS di computer IBM jadi bisa dipertunjukan kepada Rubenstein. Tetapi sebenarnya hal ini telah diselesaikan oleh grup programmer irish menggunakan Intel development system, yang bekerja pada ISIS II operasi system. Software selesai dibuat pada floppy 8“ dan file binernya sudah ditransfer ke computer IBM via serial kabel
1983
September 1983 NewStar dirilis ini adalah word processor, yang disebut NewWord. Program terdiri atas WordStar dan MailMerge.
1984
Agustus 1984 versi kedua telah dirilis dan banyak fungsi baru ditambahkan. Seperti laser support, pemeriksaan pengejaan dan un-erase. Banyak pengguna Wordstar berpindah ke NewWord versi 2
1985
MicroPro Easy diperbarui dan merilis MicroPro Easy Extra 1.5 di bulan agustus 1985.
Tampilan WordStar
1986
NewWord versi 3 dilepas dan versi terakhir dari NewWord. Program ini dirilis pada Febuari 1986. Fungsi baru dalam versi ini adalah perbaikan pengejaan, fungsi hitungan, Pemeriksaan pengejaan pada saat mengedit.
1987
Karena Review dari WordStar 2000 Release2 sangat lambat. Doug St.John memutuskan untuk focus pada WordStar 2000 Release 3. Pada WordStar ini Doug St.John menambah kecepatan dari WordStar 2000 sehingga performa Word Star Release 3 jauh diatas WordStar Release 2.




Pada Abad Pertengahan
1988 – 1993
Kegagalan MicroPro Easy dan WordStar 2000 seperti pada umumya terdahulu WordStar asli sukses,yang digembar-gemborkan mulai periode kegelapan untuk MicroPro International. Ini ditandai dengan perubahan dari fokus pada persaingan teknologi dan pemasaran yang cerdas sampai rencana pemasaran jangka panjang. Setelah gagal berkembang dalam kategori perangkat lunak dan kembali gagal berkompetisi melawan saingannya seperti WordPerfect dan naiknya Microsoft Word. MicroPro berkembang menjadi semakin lebih baik selama lima tahun berikutnya,antara tahun 1988-1993,bersaing menemukan cara untuk melanjutkan penjualan WordStar dan WordStar kloning ke pelanggan yang berada di Eropa dan AS.
1988
Awal 1988 perubahan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja oleh pengguna grafis yang sedang membuat versi awal Windows dan IBM (Microsoft) menjadi OS/2 (Sistem Operasi 2) dan Manajer Presentasi (OS/2 GUI). Perubahan dari sebuah platform perangkat lunak Disk Operating System berbasis karakter untuk WYSIWYG (Apa Yang Kamu Lihat Adalah Apa Yang Kamu Dapat). Grafis adalah salah satu jalan yang sulit untuk MicroPro,sedangkan sejumlah besar perusahaan perangkat lunak melihat tanda bahaya dan sedang mengembangkan untuk mengantisipasi Windows (sebagai contoh: menguraikan Ami, Pro,dan Word), MicroPro mengambil langkah-langkah dan tetap berlaku dalam persaingan di masa depan perkumpulan pada platform Disk Operating System, dan dugaan bahwa WordStar asli bisa dihidupkan kembali dengan tujuan mengambil kembali penguasaan pasar.
MicroPro Menjadi WordStar Internasional
18 Juni 1989
Sepanjang akhir tahun 1980 MicroPro memerlukan jalan keluar untuk memelihara nama WordStar lini produk. Untuk membantu achieve (perusahaan yang dinamai kembali di bawah kepemimpinan CEO, Gary, Grimm, ketika WordStar Internasional pada Juni 18th 1989).
WordStar 7 Untuk Disk Operating System
WordStar untuk versi Disk Operating System 7 memorinya diperluas dan ditambah beberapa pendukung untuk sebuah tikusan,satu bahasa pemrograman makro,dan kemampuan untuk memindah data dari Microsoft Windows 3. Bagaimanapun itu sudah terlambat. Keterlambatan di dalam menyempurnakan versi-versi awal dan bencana-bencana dari WordStar Easy dan 2000 yang dimaksud bahwa WordPerfect mengambil alih ketika kebanyakan pemroses kata sehari-hari WordStar tersingkir.
Desember 1992
Versi akhir WordStar Disk Operating System,versi 7.0d,dilepaskan di Amerika Utara pada bulan Desember 1992. Negara-negara lain tidak mendapatkan 7.0c yang lama. WordStar Disk Operating System telah hilang penguasaan pasarnya sampai WordPerfect 5,dan dengan pindahnya dari Disk Operating System sampai Microsoft Windows adalah saatnya bangkit.
WordStar Untuk Windows
WordStar Warisan Untuk Windows
Awal 1991
Dalam suatu usaha yang tinggal di dalam pasar,WordStar International diizinkan memroses kata secara hukum dari sebuah perusahaan yang disebut NBI dan diwujudkan sebagai WordStar Warisan di awal 1991. Gagasan untuk mengembangkan sebuah Windows berdasarkan pemroses kata sejak awal mula setelah dianggap tidak praktis. Warisan lebih dari sebuah DTP program dibanding sebuah pemroses kata yang menangkap banyak pemakai WordStar yang diupgrade.
WordStar Untuk Windows 1.0
Oktober 1991
Saat ini NBI menemukan gangguan keuangan mengerikan,saat WordStar Internasional membeli semua hak untuk pemrosesan kata,setelah tawaran kecil dilepaskan pada Oktober 1991 ketika WordStar Windows 1.0. WordStar Internasional telah mengharapkan untuk membeli Ami,ahli dari Samna,suatu pemroses kata sangat baik dan program DTP dibanding warisan NBI,tetapi harganya terlalu tinggi. Ami secepatnya dibeli oleh Lotus pada tahun 1992 dan melepaskan pertama ketika Ami dalam versi-versi,kemudian dikenal sebagai ahli Lotus Word. WordStar untuk Windows sudah terlambat untuk membuat sebuah tanda pada perkembangan persaingan pemroses kata Windows dan pada dasarnya suatu program DTP menjadi tuan rumah versi WordStar Disk Operating System.
WordStar Untuk Windows 1.1
WordStar Internasional dengan cepat memperkenalkan suatu upgrade secara relatif kecil ke WordStar Windows dengan membuat versi 1.1. Upgrade ini disajikan sebagai perbaikan bug temporer melepaskannya sehingga pemakai dapat menggunakan diatas versi 1.5.
WordStar Untuk Windows 1.5
Juni 1992
Wordstar Windows 1.1 pada 23 Juni 1992 adalah versi 1.5. Versi 1.5 digunakan untuk membuat tabel dan ditambahkan untuk OLE,file umum yang baru diperkenalkan,dialog-dialog,dan true type model huruf mendukung dalam Windows Microsoft 3.1.
WordStar Internasional Menjadi SoftKey Internasional
4 Februari 1994
4 Februari 1994 WordStar International menyelesaikan penggabungan dengan dua perusahaan lain : Spinnaker Software Corporation yang khusus menghormati para konsumen perangkat lunak,produktivitas kantor;dan SoftKey Software Products Inc yang mempunyai cakupan besar dari “SERTIFIKAT DEPOSITO”. Perusahaan ini diciptakan melalui suatu kombinasi terbaru tiga korporasi. Pada 4 Februari 1994 perusahaan WordStar Internasional menyelesaikan transaksi penggabungan usaha three-way kombinasi dengan SoftKey produk-produk perangkat lunak Inc. dan Spinnaker Korporasi. Three-way kombinasi dicatat sebagai pooling-of-interests. 4 Februari 1994 berubah nama menjadi SoftKey Internasional Inc. Penggabungan dilakukan ke tiganya karena perjuang perusahaan dengan cara bersaing untuk membentuk kesatuan yang lebih besar dan digunakan SoftKey internasional’s sebagai strategi pemasaran. Untuk memperkuat SoftKey Internasional yang mulai didapatnya,mengambil alih kendali dari beberapa perusahaan multimedia kecil,mendorong ke arah cakupan yang dikombinasikan dari poin di bawah atau atas sekitar 300 judul perangkat lunak.
 Manfaat bagi dunia:

OpenOffice, sebuah paket aplikasi gratis dari Sun Microsystems untuk mengerjakan tugas-tugas perkantoran. Belakangan ini mulai populer digunakan oleh berbagai kalangan. Sesuai dengan namanya “Open” atau yang berarti terbuka, aplikasi ini memberikan sebuah fasilitas yang sangat menarik yaitu selain gratis kode pemrograman paket aplikasi ini dapat di download, dibaca, dimodifikasi, bahkan dijual lagi.

Dari sisi tampilan ataupun cara kerjanya, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan kebanyakan aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office 2003. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membaca dan menulis file Microsoft Office. Jadi jangan khawatir jika anda mendapatkan file dengan format Microsost Office aplikasi ini masih dapat menghandlenya

Meskipun OpenOffice merupakan aplikasi gratisan namun dari sisi kemampuan aplikasi ini cukup mumpuni untuk menggantikan eksistensi Microsoft Office yang notabene sudah cukup berpengalaman dalam dunia aplikasi perkantoran. Fitur yang dimiliki juga sudah cukup lengkap, misalkan kemampuan untuk scripting, create PDF, dan membuat database yang bisa dikoneksikan dengan MySQL.

Modul-ModulOpenOffice:

1.WRITER(PengolahanKata)

Writer adalah modul OpenOffice yang digunakan untuk mengolah kata (wordprocessor). Seperti halnya Microsoft Word, aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat naskah, buku, laporan, berita, brosur dan lain-lain. Secara default file akan disimpan dalam format .odt. Namun selain format itu, aplikasi ini juga mempunyai kemampuan untuk menyimpan dalam format .doc, .html, .xhtml dan beberapa format dokumen yang lain. Bahkan pada OpenOffice 3.x dapat digunakan untuk membuka file dengan ekstensi .docx (MS Office 2007).

2.CALC(Spreadsheet)

Calc adalah modul OpenOffice yang digunakan untuk membuat lembar kerja (spreadsheet). Dengan aplikasi ini memungkinkan bagi kita untuk menganalisis serta membuat grafik chart (2D dan 3D). Selain itu juga tersedia 300 fungsi keuangan, statistik, dan operasi matematis. Secara default file akan disimpan dalam format .ods. Namun selain itu juga memungkinkan untuk disimpan dalam format .xls, .csv, .dbf, .html, .xml serta ekspor ke dalam format PDF dan HTML

3.IMPRESS

Impress adalah modul OpenOffice untuk membuat dokumen presentasi. Memiliki fasiltas seperti pendahulunya Microsoft Power Point seperti efek khusus, animasi, dan drawing. Secara default file akan disimpan dalam format .odp, namun memungkinkan juga untuk disimpan dalam format .pptdan.swf

4.BASE(BasisData)

Base adalah modul OpenOffice yang digunakan untuk membuat aplikasi basis data. Kemampuannya setara dengan dengan Ms. Access sehingga dapat digunakan untuk membuat form, report, query, table, view, dan relasi. Cukup banyak database engine yang bisa digunakan oleh aplikasi ini seperti : HSQLDB (default databasenya), sBase, MS Access, MySQL, bahkan Oracle.

5.DRAW(Menggambar)

Draw adalah modul OpenOffice yang digunakan untuk menggambar. Umumnya ini digunakan untuk menggambar diagram ataupun flowchart. File dapat disimpan dalam berbagai format seperti PNG, HTML, PDF, Flash. Untuk kebutuhan membuat gambar pada Writer, Calc, dan Impress, dapat dilakukan dengan mengaktifkan modul Draw atau menggunakan tool dari toolbar Drawing.

6.MATH(EditorFormula)

Math adalah editor formula atau rumus. Dapat digunakan untuk membuat rumus kompleks yang terdiri dari simbol-simbol atau karakter-karakter yang tidak ada pada font standar. Aplikasi Math sendiri dapat dipanggil dari Write dan Impress, atau dapat pula diaktifkan sebagai editor sendiri. File yang dihasilkan dapat disimpan dalam format .MathML.













Artikel Terkait:

SEMOGA BERMANFAAT, SALAM THEKIFOT
TERIMAKASIH SOBAT SUDAH MAU MAMPIR KE BLOG TheKiFOT, Silahkan Jika Ada Artikel Yang Bagus di Blog Ini Saya Izinkan Untuk "Mengcopy,Paste" Dengan Syarat Sertakan Seumbernya Yang Lengkap., Hormat Saya »TheKiFOT« Pemilik Tunggal Blog Ini.Terimakasih.
oncopy="return false;"